Apa Saja 4 Gaya Parenting? – Adaptive Parenting

GRATIS Peta Genetik "Kids Blueprint" Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Apa Saja 4 Gaya Parenting?

Pada tahun 1960an, seorang developmental psychologist bernama Dian Baumrind mempublikasikan idenya tentang kerangka parenting,yang bisa dianggap sebagai empat gaya membesarkan anak.

Dan ada kombinasi dua faktor yang membentuk keempat gaya ini…

  1. Responsif

    Ini adalah ukuran seberapa orang tua merespons anak mereka dengan support, kehangatan dan penerimaan. Orang tua yang hangat sering mengkomunikasikan kasih sayang mereka ke anak-anak mereka. Sedangkan orang tua yang dingin lebih sering mengkomunikasikan penolakan mereka ke anak-anak mereka.

    Saya penasaran… semasa Anda kecil apakah merasa pernah dibanding-bandingkan oleh orang tua Anda? Atau mungkin usaha Anda tidak dihargai dan malah dicelah?

    Apakah kalimat ini masih terngiang-ngiang di telinga Anda?

    “Lihat tuh teman kamu, rapi khan ngerjainnya?”

    “Payah gitu aja lama ngerjainnya.”

    Ya, ini adalah salah satu bentuk penolakan orang tua terhadap anak secara verbal dan tidak menerima anak apa adanya.
  2. Tuntunan 

    Ini adalah ukuran seberapa orang tua berusaha mengontrol perilaku anak. Orang tua yang otoriter biasanya membuat dan menjalankan peraturan tanpa pandang bulu. Sedangkan orang tua yang permisif malah tidak membuat peraturan sama sekali.Peraturan sebaiknya juga kita sesuaikan dengan keunikan anak kita masing-masing. Anda bisa baca contohnya di buku Adaptive Parenting di halaman 108 – 111.

Nah kombinasi kedua faktor ini pada kotak 2 x 2 menghasilkan empat gaya parenting.

Apa saja itu?

Empat gaya parenting yang dipublikasikan Diana Baumrind, seorang development psychologist, pada tahun 1960an.

• Otoriter

Orang tua yang tidak responsif tapi sangat menuntut anak-anak mereka. Sangat memaksakan kehendak orang tua, dan anak-anak sering takut kepada mereka. Tidak ada kehangatan. Pokoknya peraturan harus diikuti!

• Terlalu Sabar

Orang tua yang sayang anak-anak mereka tapi tidak punya kemampuan untuk menegakkan peraturan keluarga. Cenderung menghindari konfrontasi.

• Mengabaikan

Orang tua yang terlalu cuek dengan anak-anak mereka. Hanya menyediakan kebutuhan pokok saja dan tidak berinteraksi dengan anak-anak setiap harinya.

• Berwibawa

Orang tua yang seimbang antara menuntut anak-anak mereka berperilaku dan mengikuti peraturan keluarga, tapi juga memperhatikan anak-anak mereka. Peraturan dijelaskan, mendukung kemandirian anak-anak mereka selama selaras dengan nilai-nilai keluarga.

Mana dari keempat gaya parenting ini yang baik untuk kita adaptasi dan lakukan?

Click Here to Leave a Comment Below