Apa Sih Cikal Bakalnya Kita Perlu Parenting? – Adaptive Parenting

GRATIS Peta Genetik "Kids Blueprint" Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Apa Sih Cikal Bakalnya Kita Perlu Parenting?

Manusia lemah dibandingkan hewan buas, jadi di padang rumput perlu berdiri untuk bisa melihat jauh dan menghindar dari hewan buas, serta untuk berburu.

Kenapa sih kita perlu melakukan parenting sampai belasan tahun? Kenapa sih bayi begitu lahir gak bisa langsung jalan dan makan sendiri? Apa sih cikal bakalnya?

Khan enak kalo bisa, jadi gak usah perlu parenting lagi. Kenapa?

Ini semua karena evolusi manusia, seperti yang diceritakan Dr. Yuval Noah Harari di buku Sapiens-nya…

Manusia lemah dibandingkan dengan hewan buas seperti singa. Namun manusia jauh lebih cerdas dibanding hewan karena punya otak yang jauh lebih besar dari hewan. Sehingga ukuran kepala manusia juga besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Dulu di jaman manusia purba sewaktu masih hidup di padang rumput, manusia perlu untuk bisa berdiri agar bisa melihat jauh. Untuk bisa dengan cepat melihat kalau ada binatang buas dan bisa menghindar. Juga untuk bisa dengan cepat melihat hewan buruan.

Manusia juga menggunakan kedua tangannya untuk berbagai kegiatan survival-nya. Misalnya memegang senjata sewaktu berburu. Memetik buah. Menggali umbi-umbian. Dan sebagainya.

Jadi tidak seperti kebanyakan hewan yang menggunakan keempat kakinya untuk berjalan, manusia hanya menggunakan kedua kakinya untuk berjalan. Nah untuk bisa berdiri tegak dengan kedua kaki, apalagi dengan ukuran kepala yang besar, ada harga yang perlu dibayar manusia…

Dalam evolusinya, posisi berdiri tegak memerlukan tulang pinggul yang lebih sempit. Dan akibatnya jalur untuk melahirkanpun menjadi sempit. Padahal ukuran kepala makin besar dan besar. Akibatnya fatal. Sering terjadi kematian sang mommy purba.

Bayi dan mommy purba yang selamat adalah justru bayi yang lahir prematur. Ketika ukuran kepala dan tubuhnya masih kecil dan bisa dengan aman melalui pinggul sang mommy purba. Dan lalu terjadilah seleksi alam selama ribuan tahun.

Bayi manusia tidak bisa makan dan minum sendiri. Mesti dibantu orang tuanya.

Akhirnya dibandingkan dengan hewan, bayi manusia terlahir prematur di mana semua fungsi vitalitasnya masih belum berkembang sempurna.

Bayi kuda ketika baru lahir sudah bisa langsung jalan sendiri. Anak kucing bisa mencari makan sendiri dalam hitungan minggu sejak lahir. Bayi lumba-lumba bisa langsung berenang sendiri ketika baru lahir.

Bagaimana dengan bayi manusia?

Helpless. Tak berdaya. Perlu support orang tuanya selama belasan tahun untuk bisa bertahan hidup: makanan, proteksi, tempat tinggal, edukasi, kesehatan dan sebagainya. Dan bukankah ini yang disebut parenting?

Mau tahu parenting yang sesuai untuk anak Anda?

Silahkan undang saya untuk memberikan parenting advising sesuai dengan bakat dan keunikan anak Anda, atau dapatkan analisa tertulis tentang anak Anda.

Click Here to Leave a Comment Below