Kenapa Anak Perempuan Tingkah Lakunya Seperti Anak Laki? – Adaptive Parenting

GRATIS Kids Blueprint Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Kenapa Anak Perempuan Tingkah Lakunya Seperti Anak Laki?

Anak Perempuan main Mobil-MobilanAda seorang mommy dari Jawa Tengah yang kebingungan:

“Anak saya perempuan tapi tingkah lakunya macam anak lak-laki. Mainan maunya yang robot-robotan, mobil-mobilan… yang paling parah kalau sholat mintanya pakai sarung dan peci. Gak mau pakai mukenah.

Kalau dinasehatin cuma iya-iya saja. Saya sering emosi jadinya pak. Saya sudah bingung harus ke mana, soalnya ke psikolog juga sudah saya lakukan tapi masih tetap kayak gini aja.”

Jawaban Aldian Prakoso:

Halo bu,

Kasus anak perempuan ibu kompleks dan di luar scope saya sebagai seorang parenting advisor.

Penyebab masalah anak ini belum diketahui jadi diperlukan diagnosa lebih lanjut oleh psychotherapist yang kompeten. Tapi gejalanya menunjukkan kemungkinan mental disorder yaitu Gender Identity Disorder. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon antara testoteron dan estrogen.

Jadi sebaiknya dilakukan psychotherapy ke anak ini oleh psycotherapist yang kompeten, karena saya belum qualified untuk memberikan therapy.

Psychiatrist (psikiater) mungkin bisa memberikan therapy ini, tapi bukan oleh psikolog. Psikiater adalah dokter spesialis kedokteran jiwa yang bisa memberikan resep obat dan tidak melakukan terapi percakapan, sedangkan psikolog adalah sarjana psikologi (bisa S1 atau S2).

Click Here to Leave a Comment Below