Untuk Kebaikan Siapa Anda Melakukan Parenting? – Adaptive Parenting

GRATIS Kids Blueprint Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Untuk Kebaikan Siapa Anda Melakukan Parenting?

Untuk kebaikan siapa Anda melakukan parenting?

Mungkin Anda pernah bingung seperti saya dan istri saya… atau malah mungkin pernah merasa gagal menjadi orang tua… Karena anak-anak gak ada yang mau nurut. Dikasih tahu malah ngebantah dan ngeyel.

Belum lagi menahan emosi, entah marah, atau kadangan sampai menangis karena sedih dan frustrasi dengan kenakalan anak-anak. Gimana ini? Oh God please help me!

Iya, itu ternyata karena mindset kita tentang parenting salah.

Mari kita jawab jujur, untuk kebaikan siapa kita melakukan parenting anak kita?

Diri kita, anak kita, atau keduanya?

Jujur saya dulu lebih untuk memuaskan ego saya sebagai ortu. Kalau anak nurut, rasanya senang dan puas. Tapi kalau anak gak nurut, rasanya jengkel dan kesal.

Kalimat dari Dr. Glenn Latham di buku The Power of Positive Parenting-nya betul-betul nonjok saya dan merubah mindset saya tentang parenting:

Untuk kebaikan siapa Anda mau mengubah perilaku anak Anda – untuk kepentingan Anda sendiri, anak Anda, atau keduanya? (Latham, 1990, p. 38)

Dan ketika melakukan parenting, biasanya kita meniru cara parenting ortu kita terhadap kita, yang juga meniru cara parenting ortu mereka terhadap mereka, dan seterusnya. Padahal cara tersebut belum tentu cocok dengan blueprint kita dan anak-anak kita.

Orang tua cenderung mendidik anak-anaknya seperti mereka dulu dididik orang tua mereka, dan itu hasilnya tidak seperti yang diharapkan! (Latham, 1990, p. 4)

Setiap anak memerlukan parenting yang sesuai dengan blueprint mereka masing-masing. Kita perlu melakukan Adaptive Parenting.

5 langkah Adaptive Parenting

Click Here to Leave a Comment Below