Apa Saja Bakat, Karakter dan Pola Asuh Yang Bisa Diketahui dari Kids Blueprint Anak Anda? – Adaptive Parenting

GRATIS Peta Genetik "Kids Blueprint" Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Apa Saja Bakat, Karakter dan Pola Asuh Yang Bisa Diketahui dari Kids Blueprint Anak Anda?

Banyak sekali misteri tentang anak kita yang bisa diketahui jawabannya setelah Kids Blueprint anak tersebut saya analisa.

Kali ini saya mau share sebagian informasi penting terkait pola asuh anak sehari-hari yang didapatkan dari Profile anak di Kids Blueprint-nya.

Secara singkat Profile adalah bagaimana perilaku anak sehari-harinya. Bagaimana perannya dalam hidupnya sehari-hari dan bagaimana interaksinya dengan orang lain.

Ada 12 macam kombinasi Profile, yang salah satunya tertera di Kids Blueprint anak Anda. Misalnya 1/3, 4/6, 5/1.

Coba perhatikan Kids Blueprint anak Anda. Apa Profile anak Anda?

Dari 12 kombinasi perilaku anak sehari-hari atau Profile ini, kita bisa tahu antara lain bagaimana cara belajar yang sesuai untuk anak dan bagaimana kita bisa mengarahkan bakatnya.

Saya berikan tiga contoh sederhananya:

    1. Belajar Untuk Merasa Aman
      Misalnya anak yang sehari-harinya suka belajar dan merasa insecure kalau ilmunya belum cukup. Anak ini suka baca untuk belajar. Jadi orang tua perlu menyediakan buku-buku atau sumber referensi berkualitas lainnya bagi anak ini.

      Apa topiknya?

      Bebas! Biarkan anak ini banyak belajar tentang apa saja sampai akhirnya dia menemukan topik yang disukainya untuk dipelajarinya hingga hingga menjadi authority di bidang tersebut.

      Anak ini juga mesti diajari karena biasanya gak bisa belajar sendiri. Dan belajarnya juga tidak bisa paralel berbagai topik sekaligus. Perlu belajar secara serial, jadi selesai satu topik baru lanjut topik berikutnya.

      Saya sendiri juga sehari-hari suka belajar dari baca buku. Makin banyak yang saya pelajari, rasanya makin PD seperti bisa melakukan apa saja. Sebaliknya kalau belum belajar, merasa gak berdaya.

      Jadi apa yang sebaiknya Anda lakukan jika anak Anda sehari-harinya suka belajar?
    2. Malu-Malu Kucing dan Suka Menyendiri
      Anak ini sehari-harinya malu-malu kucing kalau diajak atau diundang melakukan sesuatu. Sukanya menyendiri dan asyik sendiri dengan apa yang dia suka. Dan makin dia malu-malu, orang makin gregetan sama dia.

      Apalagi anak ini kelihatan berbakat banget dan bisa melakukannya. Tapi dia gak mau. Dia maunya asyik sendiri dengan kesukaannya. Karenanya perlu dibimbing untuk mengasah bakatnya.

      Negatifnya, karena anak ini memang punya bakat alami untuk jenius, dia sangat rentan terhadap harapan orang lain terkait bakatnya.

      “Kok jelek sih nilainya? Kamu mestinya bisa lho dapet 100!”

      “Yah remedial lagi?? Kamu khan bisa. Gak teliti sih!”

      Apa yang terjadi kalau anak ini sering dimarah-marahin karena hasilnya gak sesuai harapan orang tuanya?

      Jadi apa sebaiknya yang Anda lakukan jika anak Anda seharinya suka malu-malu kucing dan menyendiri?
    3. Suka Eksperimen dan Coba-Coba
      Lain lagi kalau anak yang sehari-harinya suka eksperimen dan coba-coba. Anak ini justru mesti dibiarkan untuk bebas bereksperimen dan coba-coba untuk proses belajarnya. Karena dia belajar dari pengalamannya: Apa yang tidak berhasil? Apa yang salah?

      Thomas Alva Edison, yang gagal ribuan kali sebelum berhasil menemukan bohlam lampu, cocok banget buat menggambarkan anak ini melalui quote-nya: “I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.”

      Karena suka coba-coba, anak ini biasanya suka kecelakaan dan cedera. Barang-barang juga banyak rusak akibat eksperimennya. Akibatnya anak ini sering disalahin!

      “Kamu sih! Kenapa sih sepeda dipretelin rodanya dan jadi rusak gak bisa dipasang lagi?”

      “Aduh kamu ya. Sering banget sih jatuh?? Hati-hati dikit kek!”

      Apa yang terjadi kalau anak ini selalu disalahin?

      Jadi bagaimana sebaiknya Anda menangani anak Anda jika sehari-harinya suka eksperimen dan coba-coba?

Ini baru tiga contoh sederhana terkait perilaku anak sehari-hari dan pola asuhnya berdasarkan salah satu bagian dari Profile-nya. Belum dengan kombinasinya. Dan belum juga dilihat secara holistik dari keseluruhan Kids Blueprint-nya.

Masih ada Type, Strategy, Authority, Determination, Cognition, Center, Channel, Gate dan lain-lainnya yang semuanya mempunyai maknanya masing-masing…

Mau tahu apa saja bakat dan karakter anak Anda? Bagaimana pola asuh dan mengarahkan anak Anda sesuai bakatnya? Bagaimana menangani anak Anda sesuai karakternya?

Yuk silahkan undang saya untuk memberikan kejelasan dan solusi parenting anak Anda.

Atau mungkin Anda mau analisa dan penjelasan dari Kids Blueprint anak Anda secara tertulis?

Click Here to Leave a Comment Below