Bakat, Sifat dan Pola Asuh Apa Saja Yang Bisa Diketahui Dari “Center” Anak Anda? – Adaptive Parenting

GRATIS Peta Genetik "Kids Blueprint" Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Bakat, Sifat dan Pola Asuh Apa Saja Yang Bisa Diketahui Dari “Center” Anak Anda?

Mungkin Anda masih bingung atau ragu membaca Kids Blueprint anak Anda. Kids Blueprint tersebut menunjukkan apa saja terkait anak Anda? Bagaimana bisa tahu bakat, karakter dan perilaku anak Anda? Lalu bagaimana mengaplikasikannya untuk pola asuh dan mengarahkan anak Anda?

Sebelumnya saya sudah share sebagian informasi penting terkait pola asuh anak sehari-hari yang didapatkan dari Profile anak di Kids Blueprint-nya.

Silahkan Baca: Apa Saja Bakat, Karakter dan Pola Asuh Yang Bisa Diketahui dari Kids Blueprint Anak Anda?

Kali ini saya mau share contoh simple memanfaatkan salah satu dari sembilan Center di Kids Blueprint anak Anda untuk tahu bakat, sifat dan pola asuhnya.

Perhatikan kotak paling bawah ini di Kids Blueprint anak Anda. Warnanya apakah coklat ataukah putih?

Apa itu Center? Sederhananya Center adalah pusat energi yang menerima dan mendistribusikan energi kehidupan ke tubuh fisik kita. Energi ini mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi satu sama lain. Dan energi di dalam diri kita inilah yang menjadi pondasi dari sifat sejati diri kita.

Silahkan perhatikan Kids Blueprint anak Anda. Lalu cek apakah kotak paling bawah di dalam gambar tubuh manusia tersebut berwarna putih atau berwarna coklat?

Abaikan kotak dan segitiga lainnya. Fokus pada kotak paling bawah saja, yaitu Root Center: apakah berwarna putih ataukah coklat?

Jika warnanya COKLAT

Ini berarti sifat dari Root Center ini konsisten, yang selalu mendorong anak ini untuk bergerak. Sehingga anak ini biasanya jarang bisa diam anteng, tapi selalu ada saja yang dikerjakannya. Gak bisa duduk diam. Mungkin duduknya sambil goyang-goyangin kakinya.

Anak ini berpotensi untuk bisa meng-handle stress dan adrenalin, misalnya sewaktu belajar atau bikin PR di bawah tekanan batas waktu.

Ingat juga kalau dorongan untuk bergerak ini tidak boleh ditahan tapi sebaliknya perlu disalurkan secara baik dan sehat. Jadi kalau Root Center anak Anda berwarna coklat, memang bawaannya kalau anak Anda gak bisa diam tapi selalu gerak terus. Dia justru bisa stress kalau Anda paksa duduk diam tenang dalam jangka waktu lama.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengarahkan anak Anda menyalurkan dorongan bergeraknya secara sehat dan baik?

Bagaimana agar anak Anda bisa lebih diam tenang pada saat diperlukan, misalnya di kelas?

Jika warnanya PUTIH

Ini artinya sifat dari Root Center ini tidak konsisten, alias labil dan mudah terpengaruh lingkungan sekitarnya.

Secara natural, ketika anak ini sedang sendirian, anak ini santai dan rileks. Dia slow-slow aja menjalani hidupnya sesuai iramanya sendiri. Dan bisa menunda-nunda sewaktu mau mengerjakan sesuatu, alias mepet-mepet dealine atau bahasa kerennya disebut sebagai procrastinator.

Anak ini juga bisa sering telat atau sebaliknya malah kepagian banget. Juga bisa sering mulai banyak hal tapi jarang diselesaikan.

Nah masalah lain juga bisa muncul ketika anak ini sedang bersama-sama orang lain yang mungkin kebetulan Root Center-nya konsisten (berwarna coklat)… anak ini menerima energi dorongan bergerak dari orang tersebut dan mengamplifikasi (memperbesar) energi itu hingga berkali-kali lipat!

Anak ini bisa jadi terburu-buru sewaktu mengerjakan sesuatu karena kepingin cepat selesai. Lalu begitu selesai, terburu-buru lagi mengerjakan yang lain karena cepat selesai. Dan seterusnya. Gerusah-gerusuh, Karena anak ini kepingin bisa bebas dari tekanan dorongan untuk bergerak itu. Padahal dorongan ini tidak akan hilang selama anak ini berada dekat orang lain yang Root Center-nya konsisten.

Parahnya lagi, anak ini memang tidak di-design secara alami untuk bisa memproses dorongan bergerak atau stress ini dalam jangka waktu lama. Akibatnya lama kelamaan, dalam kasus yang ekstrem, anak ini bisa menjadi hiper aktif, gelisah dan susah fokus… Dan yang bisa disalah mengerti orang lain, mungkin guru atau orang tuanya, sehingga bisa dihukum atau dianggap punya kelainan.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan jika anak Anda Root Center-nya warna putih?

Lalu bagaimana jika Root Center Anda warna coklat sedangkan Root Center anak Anda warna putih?

Ini baru secuil penjelasan dari salah satu Center, masih ada delapan Center lainnya.

Silahkan Anda baca penjelasan kesembilan Center ini di buku Adaptive Parenting di halaman 12 -39 dan studi kasusnya di halaman 132 – 182.

Atau silahkan Anda pesan laporan analisa tertulis yang menjelaskan Kids Blueprint anak Anda.

Lalu selain Center, juga masih ada Type, Profile, Authority, Strategy, Determination, Cognition, Channel, Gate dan lain-lainnya yang semuanya mempunyai maknanya masing-masing…

Mau tahu apa saja bakat dan karakter anak Anda? Bagaimana pola asuh dan mengarahkan anak
Anda sesuai bakatnya? Bagaimana menangani anak Anda sesuai karakternya?

Yuk silahkan undang saya untuk memberikan kejelasan dan solusi parenting anak Anda.

Click Here to Leave a Comment Below