Kenapa Anak Mau Semuanya Harus Sesuai Dengan Keinginannya? – Adaptive Parenting

GRATIS Kids Blueprint Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Kenapa Anak Mau Semuanya Harus Sesuai Dengan Keinginannya?

Anak Manifestor adalah seorang lone-wolf yang cepat sekali action-nya, karena itu harus diajari untuk minta ijin sebelum bertindak.

Seorang daddy di Jakarta:

Joan (pseudonym) wants to have everything goes her way. Most of the time I understand her quite well. She is kinda reminds me a lot of myself. However, I also knows well how hard it is to be parents for her. Seems she is very critical and really need a very good reason on why she can’t do a thing.  She also can’t control her temper and can’t deal well with disappointment.

Joan (nama disamarkan) mau semuanya harus sesuai dengan keinginannya. Saya cukup mengenalnya dengan baik. Dia mengingatkan saya pada diri saya sendiri. Tapi saya juga tahu gimana sulitnya menjadi orang tua untuk Joan. Dia sangat kritis dan kepingin tahu alasannya ketika dia tidak bisa melakukan sesuatu. Dia juga gak bisa mengontrol temperamennya, dan juga gak bisa menerima kekecewaan dengan baik.

Jawaban Aldian Prakoso:

Halo pak,

Joan adalah seorang anak Manifestor. Dan Manifestor memang dikenal sebagai lone-wolf yang suka sendirian, dan cepat sekali action-nya. Terlebih jika dilihat dari circuitry-nya, Individual Circuit anak ini dominan sekali. Kemudian Heart-nya juga Defined, berarti will-power-nya konsisten.

Kids Blueprint Joan, seorang anak Emotional Manifestor dengan Split Definition.

Jadi dia memang anak yang individualis dan punya tekad yang kuat. Sehingga normal baginya untuk mau semua sesuai keinginan. Karena memang begitu blueprint-nya. So please acknowledge and accept her the way she is.

Tapi karena kita manusia adalah makhluk sosial yang tidak hidup sendirian, maka anak ini perlu diajari untuk tidak menang sendiri, untuk bisa diterima orang lain, dan bisa hidup bersama orang lain.

Bapak dan istri bapak juga mesti menjadi orang tua yang konsultatif terhadap anak ini, dan tidak menjadi orang tua yang otoriter.

Next, Joan sangat kritis dan kepingin tahu alasannya ketika dia tidak bisa melakukan sesuatu. Ini disebabkan karena Joan punya active conscious Gate 52 – Gate of Stillness yang membuat Joan sadar bahwa dia ingin melakukan sesuatu tapi hanya bisa diam di tempat. Dan ini bisa berpotensi membuatnya gelisah dan depresi karena merasa bersalah, “kenapa aku cuma diam aja di tempat?”

Dan terakhir, kenapa Joan tidak bisa mengontrol temperamennya, dan tidak bisa menerima kekecewaan dengan baik? Ini karena Joan punya Defined Solar Plexus dan juga Channel 39 – 55 – Channel of Emoting. Jadi Joan secara konsisten mengalami gelombang emosi yang bergerak terus naik turun. Dia happy ketika gelombangnya naik, dan sedih atau marah ketika gelombangnya turun. Sedangkan Channel of Emoting membuatnya menjadi seorang yang moody.

Jadi bagaimana solusi parenting yang sesuai untuk Joan dan membantunya mengatasi masalah-masalahnya? Silahkan undang saya untuk memberikan parenting advising yang spesifik, sesuai dengan Kids Blueprint-nya, untuk solusi mengatasi masalahnya.

 

Click Here to Leave a Comment Below