Kenapa Anak Suka Melawan Terus? – Adaptive Parenting

GRATIS Kids Blueprint Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Kenapa Anak Suka Melawan Terus?

Anak juga berhak marah. Wajar jika anak emosi. Karena itu anak mesti diajari cara menyalurkan emosinya secara sehat dan baik.

Seorang mommy dari Bekasi:

Saya agak bermasalah nih dengan anak sulung saya. Melawan terus pak 😭 Dan saya gak bisa sabar juga bawaannya emosi jadinya karena capek ya udah kerja sampe malam masih ngurus bayi.

Saya sering merasa gagal jadi orang tua. Saya sayang sama Kevin (nama disamarkan) tapi sudah kehabisan akal bagaimana cara mengasuhnya yang baik di tengah keterbatasan saya sebagai ibu pekerja.

Kevin kalo marah tendang pintu, banting barang dan dia jadi jahat juga sama pembantu di rumah.

Kevin tidak suka dimarahi, dibentak, apalagi sampai dipukul atau dicubit. Dia juga seperti cemburu dengan adik, sengaja berisik saat adik bayi mau tidur. Sampai saat ini Kevin juga tidak mau makan sayur apapun sama sekali.

Jawaban Aldian Prakoso:

Halo bu,

Kids Blueprint Kevin, seorang anak Emotional Projector dengan Split Definition.

First thing first, anak ibu adalah seorang type Projector, tepatnya seorang Emotional Projector. Seorang Projector ingin merasa dihargai dan diakui, tidak suka disuruh-suruh, apalagi dimarahi, dibentak, dipukul atau dicubit. Anak ibu juga mempunyai active unsconsiouc Gate 37 – Gate of Friendship, jadi anak ini perlu pengakuan melalui keluarga atau komunitas, juga suka kehangatan dan pelukan.

Jadi di sini sudah terjadi salah cara mengasuh anak ini yang parah, mengasuhnya tidak sesuai dengan Kids Blueprint anak ini: Seorang anak yang perlu merasa dihargai dan diakui, dan juga suka kehangatan serta pelukan, tapi justru malah dimarahi, dibentak, dipukul dan dicubit. Ini semua bertolak belakang dari yang diperlukan anak ini. Wajar sekali jika anak ini jadinya suka melawan terus.

Sedangkan tendang pintu, banting barang atau jahat sama pembantu, sewaktu Kevin marah, adalah cara Kevin melampiaskan emosinya. Kevin mempunyai Defined Solar Plexus, berarti anak ini memang emosional dan mengalami gelombang emosi yang selalu bergerak naik dan turun.

Apalagi Kevin juga punya active unconscious Gate 36 – Gate of Crisis jadi Kevin bisa tidak sadar mengalami krisis seperti berada di dalam terowongan gelap dan tidak tahu kapan bisa keluar dari terowongan gelap ini. Dia akan bisa mengalami kepanikan pada saat itu, dan menjadi seperti tantrum.

Energi dari emosi ini memang besar dan perlu disalurkan. Karena jika tidak disalurkan, dan dipendam di dalam dirinya, malah bisa berpotensi menimbulkan penyakit di kemudian hari. Jadi emosinya perlu disalurkan secara baik dan sehat, yaitu dengan tidak membahayakan dirinya dan orang lain, dan juga tidak merusak barang miliknya dan barang orang lain. Ibu mesti mengajarkan hal ini kepada Kevin.

Cemburu kepada adiknya bisa disebabkan karena Kevin memang kekurangan kasih sayang, merasa tidak diakui dan tidak dihargai. Anak ini sangat perlu pengakuan, penghargaan, kasih sayang dan kehangatan.

Sedangkan kenapa Kevin tidak mau makan sayur apa pun, karena Kevin punya active conscious Gate 49 – Gate of Rejection. Salah satu sifat dari gate ini adalah food discrimination alias pilih-pilih makanan atau picky eater.

Untuk analisa lengkap Kids Blueprint anak ibu, dan bagaimana solusi mengasuhnya yang tepat beserta penjelasannya yang detil sesuai dengan Kids Blueprint anak ibu, silahkan undang saya untuk memberikan parenting advising.

Click Here to Leave a Comment Below