Kenapa Anak Susah Dikasih Tahu Atau Dinasehati? – Adaptive Parenting

GRATIS Kids Blueprint Anak Anda

Mau Tahu Apa Penyebab Masalah Anak Anda? Apa Bakat Terpendamnya? Dan Bagaimana Parenting-nya Yang Sesuai?

Kenapa Anak Susah Dikasih Tahu Atau Dinasehati?

Setiap anak memang unik: cara komunikasinya, gaya belajarnya, karakternya, dan sebagainya. Dan kita sebagai orang tualah yang perlu menyesuaikan dengan keunikan anak kita…

Kenapa anak susah dinasehati? Kenapa anak tidak nurut? Kenapa anak harus dikasih tahu berulang-ulang baru didengar olehnya?

Sounds familiar?

Ya, ini memang pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan ortu ke saya.

Dan jawabannya pun beragam karena penyebabnya berbeda-beda tergantung keunikan anak tersebut, yang bisa kita lihat dari Kids Blueprint-nya.

Ok, saya kasih beberapa contoh dari kasus yang saya tangani. Mau? Yuk lanjutkan baca.

Alicia (nama samaran)

Anak ini susah dikasih tahu dan suka melawan. Ternyata setelah saya analisa Kids Blueprint-nya, anak ini seorang Projector alias tipe pemimpin, jadi dia memang tidak suka disuruh-suruh. Dan anak ini juga emosional serta feeling person.

Jadi bagaimana handling-nya agar anak ini lebih nurut? Simple. Anak ini tidak lagi disuruh-suruh, tapi lebih ditanya pendapatnya, dan sentuh feeling-nya. Mau tahu analisa lengkap Alicia beserta solusinya? Silahkan baca di buku Adaptive Parenting halaman 143 – 150.

Diego (nama samaran)

Anak ini kalau dikasih tahu hampir selalu membantah atau menghela nafas. Juga ingin menang sendiri dan selalu merasa harus mengalah di rumah.

Ya, dilihat dari Kids Blueprint-nya anak ini ternyata adalah seorang Manifestor. Dan ciri khas Manifestor adalah tidak mau dikontrol. Jadi dengan anak ini memang tidak bisa ngotot.

Lalu bagaimana caranya?

Sebagai gantinya menyuruh, anak ini diarahkan. Jadi orang tuanya tidak bisa otoriter, tapi lebih menjadi orang tua yang konsultatif.

Kemudian cara komunikasi anak ini paling dominan acoustis (suara), kemudian visual (penglihatan), baru kemudian touch (sentuhan) dan smell (bebauan). Jadi untuk berkomunikasi dengannya fokus dengan menggunakan suara karena akan lebih efektif.

Mau tahu analisa dan solusi lengkap untuk Diego? Yuk lanjutkan baca di buku Adaptive Parenting halaman 133 – 142.

Kevin (nama samaran)

Anak ini melawan terus. Tidak suka dimarahi, dibentak, apalagi sampai dipukul atau dicubit.

Mau tahu lengkapnya? Yuk lanjutkan baca di sini.

Joan (nama samaran)

Anak ini mau semuanya harus sesuai dengan keinginannya. Dia sangat kritis dan kepingin tahu alasannya ketika dia tidak bisa melakukan sesuatu.

Kepingin tahu analisa dan solusinya? Yuk baca di sini.

Ya ini baru sebagian dari kasus yang saya tangani sehubungan dengan anak susah dikasih tahu atau dinasehati.

Bagaimana dengan anak Anda? Apa penyebabnya? Bagaimana Anda bisa mengatasinya? Mau solusinya? Silahkan undang saya untuk memberikan parenting advising yang spesifik untuk anak Anda.

Click Here to Leave a Comment Below