Siapa Aldian Prakoso? – Adaptive Parenting

Siapa Aldian Prakoso?

Aldian Prakoso bersama istri dan ketiga anaknya

Aldian Prakoso mengalami tumbuh dan kembang menjadi orang lain karena terpengaruh oleh lingkungannya, tanpa disadarinya. Dia menjalani universitas kehidupan dan menyadari bahwa dia sangat terpengaruh dan terkondisikan untuk bertindak yang tidak sesuai dengan diri sejatinya. Sewaktu kanak-kanak dia juga merasa tidak disayangi dan diterima apa adanya. Sewaktu konseling dengan konselornya, dia juga menyadari bahwa ketika tumbuh dan berkembang bukan hanya sekolah, fasilitas dan materi saja yang dibutuhkan seorang anak, tapi juga penerimaan, kasih sayang dan kehadiran orang tua.

Seminar demi seminar, retret demi retret, training demi training pun diikutinya untuk menemukan diri sejatinya. Sampai akhirnya dia mendapatkan konseling dari seorang konselor yang mengerti blueprint-nya dan mengajarinya untuk bisa menjadi diri sejatinya.

Ternyata salah satu blueprint Aldian Prakoso adalah belajar dan mengajar. Maka tak heran jika dia aktif membagikan ilmunya dengan menulis lima buku laris seri MantraUANG tentang digital marketing yang diterbitkan Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia), dan membuatnya dikenal sebagai Blog Monetization Strategist dan diundang menjadi nara sumber di berbagai media seperti Excellent TV, Universitas Esa Unggul, dan Harian Bernas. Tak ketinggalan bersama 100 tokoh kondang tanah air, antara lain Mery Riana, Andrie Wongso, James Gwee, dan Tung Desem Waringin, Aldian Prakoso juga diundang berkolaborasi menulis buku 100 Billionaire Mindset.

Namun Aldian Prakoso merasa ada kekosongan dalam dirinya. Sampai akhirnya dia menyadari bahwa passion-nya adalah parenting karena Aldian Prakoso tidak ingin ada lagi anak-anak yang mengalami pengalaman yang dialaminya karena ketidaktahuan para orang tua mereka. Seiring perjalanan waktu, Aldian Prakoso juga menyadari bahwa banyak orang dewasa dan orang tua yang juga mengalami masa kecil yang kurang menyenangkan sehingga membawa ‘luka’ yang tidak mereka sadari hingga sekarang, yang sangat mempengaruhi hidup mereka sekarang, termasuk cara mereka memperlakukan anak-anak dan pasangan mereka.

Maka Aldian Prakoso mendalami Jungian Psychotherapy based approach, Transpersonal Counseling dan Body Psychoterapy, dan telah praktek privat selama 2 tahun. Dia juga memiliki Licensed Practitioner of NLP by The Society of Neuro-Linguistic Programming dan Certified Hypnotherapist by The Indonesian Board of Hypnotherapy, Diploma of Psychotherapy, Counseling & Coaching, serta modalitas lain yang mendukung yaitu Human Design dan Astrology.

Misinya sebagai seorang Advisor, Counselor & Coach dan lewat buku Adaptive Parenting yang ditulisnya dan diterbitkan oleh Elex Media adalah memberikan clarity (kejelasan) kepada para orang tua melalui sesi privat advising untuk menyelaraskan nurture (parenting) dengan nature (blueprint) anak mereka, serta mendidik dan menumbuhkan anak-anak mereka sesuai blueprint mereka masing-masing, dan tidak berdasarkan keinginan orang tua. Sedangkan misinya melalui sesi counseling & coaching, adalah menjadi seorang guide dan fasilitator yang bisa dipercaya, yang mendengarkan secara obyektif dan tidak judging, sehingga klien merasa nyaman, aman, punya harapan, serta bisa mengungkapkan perasaan dan emosi mereka dengan bebas dan aman.