Apa Bakat, Karakter dan Sifat Anak Anda?

Bagaimana Tahunya Secara Akurat Tanpa Tes Apa Pun? Bagaimana Mendidik dan Mengarahkan​ Anak Anda ​Sesuai Bakat dan Minatnya?

Cerita Realita: Seorang Mommy Yang Tidak Bisa Pipis Selain di Toilet Rumah Sendiri

Ada seorang wanita yang sudah berkeluarga dan sejak kecil tidak bisa pipis (apalagi BAB) selain di toilet di rumahnya sendiri.

Dia dulu sewaktu sekolah sangat menderita sewaktu ada acara menginap bersama sekolah seperti acara pramuka, camping, retret, atau live-in.

Bahkan pernah sewaktu acara camping sekolah, dia seharian dan semalaman tidak pipis dan menahannya hingga akhirnya pulang ke rumah. Gak terbayangkan menderitanya 😭

Kalau bepergian, dia hanya bisa pakai toilet yang benar-benar bersih seperti toilet hotel bintang lima. Itu pun dia juga masih merasa gak nyaman dan gak betah.

Kalau toilet lain seperti di mall, biarpun bersih, dia gak bisa. Kalau dipaksa, dia merasa kepingin muntah. Dan beneran akhirnya muntah sewaktu dipaksakan.

Apalagi kalau toiletnya gak bersih… Sudah gak bisa mendekat dia.

Dari penelusuran di sesi, dia sejak bayi selalu bersih di mana dia hampir tidak pernah pipis dan BAB di popok atau pampers. Ini masih perlu penelusuran lebih lanjut lagi: apa yang membuat dia hampir tidak pernah pipis dan BAB di popok atau pampers?

Lalu ternyata dia sejak umur 1 tahun sudah toilet training 😱 Ini sangat terlalu dini. Ini seperti memaksanya untuk bisa mandiri sebelum waktunya yang akhirnya berdampak negatif pada psikisnya ⚠

Well, toilet training pada dasarnya tidak boleh dilakukan terlalu awal atau pun terlambat. Biasanya di kisaran usia anak 2.5 – 3 tahun, tergantung kesiapan anak tersebut.

Apakah Anda, saudara atau teman Anda ada yang mengalami hal yang mirip dengan perempuan ini?

Bagaimana cara mengasuh yang sesuai dengan usia dan keunikan anak Anda?

Mari silahkan hubungi saya 😊

Thanks!

Click Here to Leave a Comment Below