Apa Bakat, Karakter dan Sifat Anak Anda?

Bagaimana Tahunya Secara Akurat Tanpa Tes Apa Pun? Bagaimana Mendidik dan Mengarahkan​ Anak Anda ​Sesuai Bakat dan Minatnya?

Cerita Realita: Anak Umur Hampir 2 Tahun Belum Bisa Jalan dan Bicara

Ada sepasang ortu datang berkonsultasi bersama kedua anak dan babysitter-nya. Masalah mereka adalah anak kedua mereka belum bisa bicara maupun jalan padahal sudah hampir umur 2 tahun. Dan anak ini sudah mereka bawa untuk terapi ke sana ke mari tapi belum ada hasilnya yang signifikan.

Saya minta mereka untuk menceritakan secara lengkap dan kronologis apa saja yang terjadi dan sudah dilakukan sejak anak ini dalam kandungan hingga sekarang, termasuk apa diagnosa dokter.

Dari cerita mereka, proses kehamilan ok, proses melahirkan ok. Anak ini bahkan juga dibawa periksa hingga ke Singapura dan profesor di Singapura mendiagnosa bahwa tidak ada gejala autis.

Selanjutnya saya minta mereka ceritakan bagaimana sehari-hari mereka mengasuh anak ini.

Ternyata sejak lahir anak ini langsung diasuh oleh babysitter. Dan hingga anak ini berumur setahun, anak ini selalu diperlakukan seperti bayi oleh babysitter tersebut.

Rupanya anak ini tidak mendapatkan stimulasi yang sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya… karena selalu digendong atau dipangku seperti bayi.

Dan mama ini melanjutkan ceritanya…

“Saya tidak tega pak Aldian. Saya gak tega anak saya seperti ini. Saya juga anak kedua.”

Saya pun tanya ke mama ini “anak kedua?”

Dan mama ini pun melanjutkan ceritanya sambil menangis terisak.

“Iya saya anak kedua. Dulu waktu kecil saya diasuh tante saya karena ortu saya sibuk kerja. Pagi diantar ke tante dan malam dijemput. Kadangan nginap. Saya gak pernah dikasih pakaian dan mainan baru. Selalu bekas kakak saya.”

Dan masih panjang ceritanya tentang masa kecilnya…

Rupanya mama ini tidak mendapatkan cukup perhatian dan kasih sayang dari kedua ortunya saat kecil. She didn’t get enough love and affections. Akibatnya ini membuat masalah psikis atau luka batinnya terproyeksikan ke anak keduanya tanpa disadarinya.

Di mana akhirnya anak kedua ini jadi mengalami hal yang sama seperti yang dialami mama ini saat kecilnya: diasuh babysitter, serta kurang perhatian dan kasih sayang dari papa mamanya.

Selama masalah psikis mama ini tidak diproses melalui Psyche & Soma Therapy, Counseling & Coaching, maka masalah anak keduanya juga tidak akan terselesaikan.

Apakah Anda, teman atau saudara Anda ada yang juga punya masalah dengan anak?

Yuk silahkan hubungi saya.

Thanks!

Click Here to Leave a Comment Below