Kenapa Ortu Perlu Mengasuh Dirinya Dulu Sebelum Mengasuh Anaknya? – Adaptive Parenting & Counseling

Apa Bakat, Karakter dan Sifat Anak Anda?

Bagaimana Tahunya Secara Akurat Tanpa Tes Apa Pun? Bagaimana Mendidik dan Mengarahkan​ Anak Anda ​Sesuai Bakat dan Minatnya?

Kenapa Ortu Perlu Mengasuh Dirinya Dulu Sebelum Mengasuh Anaknya?

Ada sepasang ortu yang datang membawa anaknya yang berumur 11 tahun, Andri (nama disamarkan), karena menganggapnya bermasalah. Ya, karena Andri berani menyiram tetangganya dengan air. Sehingga mereka minta agar Andri diterapi.

Lalu kenapa Andri sampai berani menyiram tetangganya?

Andri bilang kalau dia merasa terganggu dan gak tahan dengan keberisikan tetangga tersebut. Mereka selalu ribut menurut Andri.

Dan setelah penelusuran lebih lanjut, papa mama Andri ternyata sering ribut berantem di rumah. Selalu aja ada perdebatan. Selain itu si mama juga suka bertengkar dengan kedua mertuanya yang tinggal bareng di rumah mereka.

Ya, Andri sering melihat mamanya ngomel-ngomel ke mertuanya. Si mama suaranya juga keras kalau bicara ke anak-anaknya, bahkan sampai dianggap diktator. Apalagi si mama juga sosialita yang sibuk bergaul dan tidak memberikan waktu dan perhatian yang cukup ke anak-anaknya.

Andri ini sebenarnya tidak mampu mengungkapkan kekecewaan, kemarahan dan kejengkelannya ke papa mamanya. Akhirnya sebagai kompensasinya, Andri melampiaskannya ke tetangganya. Dan bukan kebetulan jika tetangga yang disiram juga adalah orang tua, yang jelas-jelas adalah duplikasi perilaku si mama terhadap opa, oma dan papa Andri.

Jadi tidak akan menyelesaikan masalah jika hanya Andri yang diterapi. Karena yang paling perlu diterapi adalah si mama.

Sehingga sangatlah penting bagi kita sebagai ortu untuk merenungkan dan merefleksikan ke dalam diri kita, tentang apa pun yang selama ini tidak kita sadari (Unconscious). Yang tidak kita sadari ini bisa berupa apa pun: obsesi, cita-cita yang belum tercapai, trauma, luka batin, emosi negatif, belief system, kebiasaan buruk, sifat-sifat yang kita tolak dan tidak sukai dalam diri kita (shadow), dan masih banyak lagi lainnya…

Ini perlu kita lakukan sebagai bentuk kepedulian, perhatian dan kasih sayang kita terhadap anak-anak kita dan masa depan mereka.
Apakah Anda merasa anak Anda “bermasalah”? Apakah Anda juga mau mulai membenahi diri Anda?

Mari silahkan hubungi saya untuk gratis konsultasi awal / pra sesi. No obligation whatsoever.

Click Here to Leave a Comment Below